jenis pipa air

4 Jenis Pipa Air

Daftar harga RUCIKA Pipa PVC JIS VP 3 Inch | Bhinneka

Benda yang satu ini tentunya sangat familiar? Ya. Pipa air merupakan salah benda yang sangat penting dalam rumah tangga.

Pipa air ini sendiri merupakan sebuah selongsong bundar yang berfungsi untuk mengalirkan fluida-cairan atau gas. Secara bahasa, pipa ini bisa sama artinya dengan tube, namun istilah pipa biasanya memiliki diameter lebih dari ½ inch.

Jika dilihat dari segi fungsinya pipa terbagi menjadi ke dalam 4 bagian. yakni pipa saluran untuk air bersih, pipa saluran air bekas, pipa saluran air kotor, dan pipa saluran air hujan.

Ada beberapa jenis pipa yang biasa digunakan untuk saluran pipa, antara lain :

  1. Pipa Air Tembaga

Sesuai dengan namanya, produk ini terbuat dari bahan tembaga sehingga tidak aneh kalau harganya cukup tinggi dibandingkan jenis pipa lainnya. Kelebihan dari pipa jenis ini adalah anti karat, anti bakteri, dan tahan lama. Pipa jenis ini biasanya digunakan untuk saluran air bersih, saluran air kulkas, maupun AC.

Selain itu. pipa air tembaga memiliki beragam jenis bentuk mulai dari batangan yang memanjang, gulungan, hingga spiral. Kelebihan lain dari pipa jenis ini adalah proses pemasangan yang lebih efesien dan mudah.

  1. Pipa Air PVC-O

Karena memiliki tingkat keretakan yang lebih rendah, pipa air PVC-O bisa menjadi pilihan andalan anda untuk saluran air bersih maupun limbah. Pipa air PVC-O sendiri merupakan hasil pengembangan dari bahan polivinil klorida yang diproduksi melalui metode bi-axial. Dengan menggunakan metode tersebut, membuat ikatan antara molekul bahan baku menjadi lebih kuat, sehingga material yang dihasilkan pun menjadi lebih tipis, lebih elastis, dan lebih efektif untuk menampung volume air.

Bukan hanya itu, pipa ini juga mempunyai tingkat keretakan yang lebih rendah dibandingkan pendahulunya. Dengan begitu, hal ini membuat PVC-O dianggap lebih baik dibandingkan jenis pipa PVC biasa. Pipa jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk saluran air bersih, air limbah, dan saluran air hujan.

  1. Pipa D

Pipa air D merupakan salah satu pipa saluran air yang terbuat dari PVC. Biasanya pipa jenis ini digunakan pada saluran air yang tidak membutuhkan tekanan yang tinggi. Salah satu penggunaan pipa jenis ini adalah instalasi kitchen sink dan wastafel. Jika pipa air AW memiliki tanda strip biru, sedangkan pada pipa D ditandai dengan strip merah di sepanjang pipa.

  1. Pipa PPR

Pipa air PPR merupakan salah satu pipa saluran air yang terbuat dari Poly-Propylene Random. Pipa PPR ini biasanya digunakan untuk saluran supply air bersih bertekanan baik air panas maupun dingin. Keunggulan dari pipa PPR ini adalah tidak menimbulkan karat yang disebabkan oleh kandungan dalam air atau bahan kimia lain yang dapat menimbulkan karat.

Selain itu, pipa jenis ini juga tidak menghantarkan nyala api. Jadi, pipa PPR jika terbakar nyala api tidak akan diteruskan. Dan titik nyala api tersebut akan padam dengan sendirinya. Bukan hanya itu, pipa PPR tidak beracun dan tidak merubah rasa maupun warna dari semua cairan yang melaluinya. Tentunya hal ini sangat baik digunakan untuk air bersih maupun air  minum.

Bagi anda yang kebetulan tinggal di Banyuwani dan sekitarnya, untuk mendapatkan pipa berkualitas, anda bisa membelinya di DISTRIBUTOR PIPA PVC BANYUWANGI. Distributor pipa yang satu ini akan menawarkan berbagai macam pipa, antara lain : Pipa rucika, PVC, Pipa PPR, Pipa PEX, dan lain sebagainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Chat via WhatsApp
Butuh bantuan?
Layanan Service
Halo, kami akan siap membantu Anda